Tahura Dago Bandung

Created on Thursday, 30 November 2017

Tahura Dago BandungTahura Dago Bandung - Referensi destinasi Tempat Wisata Alam di Bandung yang wajib Anda kunjungi disaat liburan ke Bandung, selain untuk tujuan wisata belanja atau kuliner, ada juga tempat wisata alam yang wajib Anda ketahui yaitu Taman Hutan Raya Juanda Bandung atau lebih terkenal dengan nama Tahura Dago Bandung.

Sejarah Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Berdasarkan catatan di Wikipedia, Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung merupakan kawasan konservasi terpadu yang menyatukan antara wisata alam sekunder dengan hutan tanaman. Luas arealnya sekitar 590 hektar lahan, yang luasnya membentang mulai dari kawasan wisata Dago Pakar sampai kawasan Wisata Maribaya lembang Bandung.

Awal mulanya sekitar tahun 1965, kawasan hutan yang dikelola Dinas Kehutanan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ini tercatat hanya mempunyai luas 10 hektar saja. Untuk lokasinya berada di atas ketinggian antara 770 SAMPAI 1.330 meter di atas permukaan air laut dan terdapat sebanyak 2500 jenis tanaman, yang terdiri dari 40 jenis familia dan 112 species.

Tahura Djuanda pertama kali dirintis pembangunannya semenjak tahun 1960 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu adalah Mashudi, yang dibantu Ir Sambas Wirakusumah ( Administratur Bandung Utara ) dan juga Ismail Saleh ( Menteri Kehakiman ) serta Soejarwo ( Dirjen Kehutanana dan Pertanian ). Tiga tahun kemuadian (1963), sebagian kawasan hutan lindung ini mulai dipersiapkan sebagai salah satu Hutan Wisata serta Kebun Raya di Bandung.

Selanjutntya di tahun yang sama pada tanggal 7 November 1963, Perdana menteri indonesia sekaligus tokoh penggagas Deklarasi Djuanda, yakni Djoeanda Kartawidjaja wafat. Dan untuk memberikan penghargaan tertinggi negara juga untuk mengenang jasa beliau, maka Hutan Lindung tersebut diganti menjadi Kebun Raya Rekreasi Ir.H. Djuanda oleh pemerintah sesuai SK Presiden No 3 Tahun 1985. Dan sejak saat itu Hutan Raya Juanda Bandung ini mulai ditanami beraneka ragam pohon dari berbagai daerah di Indonesia. Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda Bandung diresmikan sebagai Taman Hutan Raya Pertama di Indonesia, tepat tanggal 14 Januari 1985, yang sesuai dengan tanggal kelahiran Djoeanda Kartawidjaja.

Lihat juga Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

Objek Wisata di Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung

Goa Belanda Bandung

Goa Belanda
Goa Belanda merupakan obyek wisata yang identik di Taman Hutan Raya Ir.H Djuanda Bandung, Goa tersebut sebagai bukti sisa-sisa peninggalan zaman kolonialisme Belanda di Indonesia yang masih dapat kita lihat langsung dengan fasilitas lengkap dan terjaga.

Goa Belanda di Tahura Juanda Bandung, dibangun sekitar tahun 1918. Pada masanya dipergunakan untuk markas militer, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi,PLTA sampai digunakan juga sebagai penjara.

Goa Jepang

Goa Jepang
Goa Jepang ini berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk Taman Hutan Ir.H Djuanda. Goa ini merupakan hasil kerja keras dan cucuran keringat, darah bahkan sampai nyawa para pejuang Indonesia yang kala itu dipaksa bekerja secara paksa (Romusha). Goa peninggalan masa penjajahan jepang ini dibangun tahun 1942 yang mempunyai 4 pintu dengan 2 saluran udara.

Curug Omas

Curug Omas
Curug Omas yang lebih dikenal dengan Curug Maribaya, yang memang lokasinya berada di kawasan Wisata Maribaya Lembang Bandung. Yang menjadi daya tarik dari Curug Omas Bandung ialah eksotisme pemandangan alam akan keindahan air terjunnya yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dipadu suasana alam yang indah dengan udara yang sangat sejuk. Air terjun ini sebagai titik pertemuan dua aliran sungai di Bandung, yakni Sungai Cikawari dengan sungai cigulung, yang membentuk jalur daerah aliran sungai Teras Cikapundung.

Curug Lalay

Curug Lalay
Diberi nama Curug Lalay itu karena di sisi Curug Lalay ada sebuah cekungan yang mirip goa, dan disana terdapat banyak binatang kelelawar atau bahasa Sundanya lalay. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang berada tersembunyi di dalam kawasan lembah.


Tebing Keraton

Tebing Keraton
Melihat eksotisme terbit serta terbenamnya matahari dari satu lokasi merupakan daya tarik yang terdapat di Tebing Keraton ini. Pemandangan alam dari tempat tinggi di Bandung ini, merupakan tempat yang sangat indah yang tidak akan kalah serunya dengan Bukit Moko, Bukit Bintang, Gunung Batu Lembang maupun Caringin Tilu dan Puncak Ciumbuleuit.

Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa
Selain menikmati suasana alam yang indah dan sejuk, di Tahura Bandung juga Anda dapat menyaksikan dari dekat langsung rusa jenis Rusa Tutul yang merupakan tempat penangkarannya.

Monumen Ir.H Djuanda

Monumen Ir Djuanda
Di Tahura Bandung, pengunjung dapat mendokumentasikan waktu liburan Anda ke Taman Hutan Raya Juanda ini dengan berfoto di depan monumen ini.

Museum Ir.H.Djuanda

Museum%20 Ir H Djuanda
Tahura Bandung juga mempunyai ruangan museum seluas 8 x 10 meter2, yang berisikan benda-benda kenangan sejarah seorang tokoh heroik di masanya.

Prasasti Batu Raja Thailand

Prasasti
Berdasarkan catatan serta bukti sejarah, tertulis di sekitar tahun 1818 Masehi, ke Bandung datang 2 orang Raja dari kerajaan Thailand. Konon di perjalanan itu, sampailah kedua raja tersebut di lokasi Curug Dago yang ada di tahura juanda ini, dan mereka sangat terpesona dengan keindahannya. Maka untuk mengabadikan kunjungan mereka di tempat tersebut, dibuatlah 2 prasasti batu tulis oleh kedua raja tersebut yang bernama Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti kerajaan Chakri.

Hiking

Hiking
Bagi yang suka olah raga, berjalan menyusuri kawasan alam yang masih asri serta berudara sejuk, pasti tempat wisata Tahura Bandung adalah lokasi favoritnya. Coba trek hikingnya dan nikmati sejumlah tempat wisata sambil anda berolah raga di dalam kawasan hutan kota yang sangat tertata rapi ini. Itulah obyek wisata yang ada di Tahura Juanda Bandung yang dapat Anda kunjungi dengan keluarga ataupun teman-teman kantor Anda.

Fasilitas Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung
- Sarana Outbound
- Area Paintball
- Tempat Bermain Anak
- Sarana Olahraga
- Bumi Perkemahan
- Guest House
- Area Pertunjukan
- Area Wisata Kuliner
- Toilet yang bersih
- Area Parkir Kendaraan yang luas

Untuk Anda yang akan berlibur bersama keluarga, teman atau berdua dengan pasangan, silahkan Anda dapat menggunakan Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam atau Paket Wisata Bandung 3 Hari 2 Malam.

Dan bagi yang rombongan, kami rekomendasikan untuk Anda agar menggunakan Paket Wisata Outbound Bandung, sehingga Anda tidak repot-repot untuk menyiapkan segala sesuatunya dalam menyiapkan tempat ataupun transfortasinya.

Hits: 65