Lima Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Berwisata Disaat Pandemi

Lima Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Berwisata Disaat Pandemi – Liburan pada musim sekarang ini, pastinya sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena pandemi Covid-19 atau Korona yang masih merebak. Walaupun begitu, bukan berarti kita dan keluarga sama sekali tidak dapat bepergian. Masih ada cara lain untuk dapat berlibur dengan aman.

Kebanyakan orang tidak mau berurusan dengan hal-hal yang tidak diketahui juga direpotkan karena perubahan jadwal maupun batasan penerbangan maskapai yang disebabkan COVID-19. Dan sebaliknya, mereka lebih memilih liburan dengan perjalanan darat, demikian ucap Megan-Knapp-Rokey dari OASIS Travel Network. Dengan melaksanakan perjalanan dan mengikuti pedoman CDC, kita dan keluarga tetap dapat merasakan liburan.

Eileen Ognitz dari Taking The Kids sependapat atau setuju liburan dengan melalui perjalanan darat, seperti ke pantai maupun pegunungan. Bukan hanya itu saja, taman nasional juga bisa menjadi rekomendasi sebab tidak banyak wisatawan internasional yang akan pergi ke sana.

Selain itu, pastinya kita juga wajib memperhatikan beberapa hal ini sebelum merencanakan liburan dengan keluarga supaya aman selama pandemi Corona.

Lima Hal Yang Wajib Diperhatikan Ketika Berwisata Disaat Pandemi

Pilih Wisata yang Tepat

  • Berkemah di alam

Hampir sepertiga dari wisatawan tergoda untuk melakukan perjalanan berkemah di musim panas ini, menurut KOA. Ingatlah bahwa kita mungkin harus memakai toilet umum di lokasi berkemah, jadi kita kudu membawa perlengkapan pembersih ketika berkunjung.

“Berkemah tidak harus trekking lintas alam ke daerah terpencil. Mungkin terdapat perkemahan dan taman yang bagus dengan jarak tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.” ucap Caleb Hartung, CEO Campspot.

Hartung juga menyarankan untuk memeriksa area lokal terlebih dahulu sebelum pergi berkemah. Serta pastikan juga area nya aman bagi anak-anak.

  • Jelajahi Taman Nasional

Area taman nasional sangatlah luas dan asri. Dengan dibatasinya penerbangan, maka wisatawan dari luar negeri pun tidak akan terlalu banyak mengunjungi taman nasional, sehingga lebih sepi dan akan berasa lebih aman dibandingkan tempat wisata yang ramai.

Menyewa Penginapan

Sekarang ini banyak sekali aplikasi untuk menemukan bermacam tempat sewa penginapan ketika liburan. Tentunya pastikan dulu bahwa penginapan yang akan disewa sudah mempunyai aturan kesehatan yang ketat terkait COVID-19.

Penginapan yang baik biasanya telah menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan Corona. Akan tetapi kita juga perlu memastikan dengan menghubungi manajemen pusatnya.

Selain itu, perlu diingat juga, ketika tiba di tempat persewaan, bersihkan dan desinfektan dahul;lu semua permukaan, seperti gagang pintu, sakelar lampu, meja, telepon, remote control, toilet, wastafel, serta faucet. Cuci piring, gelas, cangkir, juga peralatan makan sebelum memakainya, saran Darren Hudema, WLS selaku Direktur Pelatihan dan Layanan Teknis di PuroClean.

Pastikan Tempat Liburan Mempunyai Protokol Kesehatan

Terdapat banyak resor yang sudah melaksanakan protokol kesehatan serta langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan. Cari tahu informasi lokasi serta tempat tersebut mengenai tindakannya dalam melindungi tamu dan staf. Untuk memastikan lagi, hubungi saja hotel yang berkaitan dan tanyakan mengenai praktik mereka. Tips lain, kita juga dapat meminta untuk ditempatkan di ruangan yang sudah kosong minimal selama 24 jam.

Menurut Hudema, beberapa protokol kesehatan yang wajib diperhatikan di hotel pilihan kita, yaitu pembersihan yang ditingkatkan di area umum, termasuk lift. Penekanan jarak sosial di lobi dan meja resepsionis, penggunaan masker wajah bagi semua staf juga tamu.

Perhatikan jika beberapa resort belum mempunyai restoran atau layanan kamar yang berfungsi penuh, jadi kita mungkin saja membeli makan dengan terpisah.

Pelajari Aturan di Setiap Negara Bagian

Tidak seorang pun, terutama orang tua beserta anak kecil, mau berangkat berlibur dengan menghabiskan seluruh waktunya duduk di dalam kamar hotel. Itulah pentingnya memeriksa aturan negara bagian sebelum kita mulai merencanakan liburan.

“Ada karantina dua minggu yang berlaku bagi pengunjung luar negara bagian. Sebelum Anda pergi ke mana pun apabila akan keluar dari negara bagian, periksa aturan dan regulasi terbaru.” tuturnya.

Ketahui perlengkapan apa yang harus dibawa

Untuk liburan musim sekarang, wajib menyiapkan bermacam persediaan pembersih, sehingga ketika di lokasi liburan, kita dapat membersihkan lagi ruangan atau mendisinfeksi sebelum dipakai keluarga. Bawa juga beberapa tisu disinfektan, serta handuk kertas sebagai persediaan di mobil. Tak lupa juga masker wajah untuk setiap anggota keluarga, sebab hampir seluruh tempat wisata tidak mengizinkan masuk apabila tidak memakai masker. Disarankan juga membawa sarung tangan untuk jaga jaga.

Selain itu, beberapa negara bagian mempunyai batasan dalam penjualan makanan di area istirahat, jadi lebih baiknya untuk membawa banyak makanan selama petualangan guna mengurangi pemberhentian serta risiko paparan. Dan Untuk pencegahan lainnya, kita dapat membawa termometer juga obat-obatan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin berwisata disaat pandemi covid-19 ini. Dan bagi Anda yang berencana berwisata aman disaat pandemi ini, bisa juga dengan menghubungi langsung Outbound Bandung yang akan menjadikan liburan Anda semkakin seru dan lebih aman.

Outbound Bandung

Zodra Adventure - Outbound Bandung Lembang Event Organizer/ EO Outbound Team Building & Training, Family Gathering & Adventure Games, Fun Offroad Cikole, Rafting