Lompat ke konten
    Rappeling Atau Refling

    Rappeling Atau Refling

    Rappeling atau Refling adalah salah satu kegiatan menuruni ketinggian dengan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ) dari atas ke bawah. Dalam Panjat Tebing, Rappeling masuk ke dalam materi Descending yakni kegiatan turun atau menuruni tali.

    Rappeling dapat dilakukan di media alami atau buatan,media alami bisa terdapat pada tebing-tebing atau dinding-dinding tebing batu dan lain-lain.sedangkan media buatan biasa nya terbuat dari rangkaian besi yang di lapisi papan baik dari kayu,maupun bahan fiber keras,yang tahan akan benturan.ada juga yang memanfaatkan bangunan-bangunan tinggi seperti gedung dan jembatan.

    Kegiatan Olagraga Rappeling merupakan Olahraga yang tidak bisa dilakukan asal-asalan,dimana olahraga ini harus memiliki,peralatan khusus dan ilmu khusus di bidangnya,serta harus di dampingi oleh satu atau beberapa pendamping khusus di bidangnya. jika dalam kegiatan Outbound biasanya di sebut dengan operator.

    Macam-macam dan Variasi Teknik Rappeling :

    1. Body Rappel

      bodi-rapel

      Menggunakan peralatan tali saja, yang dibelitkan sedemikian rupa pada badan. Pada teknik ini terjadi gesekan antara badan dengan tali sehingga bagian badan yang terkena gesekan akan terasa panas.

      2. Brakebar Rappe

      Brakebar-Rappe

      Menggunakan sling/tali tubuh, carabiner, tali, dan brakebar. Modifikasi lain dari brakebar adalah descender (figure of 8). Pemakaiannya hampir serupa, dimana gaya gesek diberikan pada descender atau brakebar.

      3. Sling Rappel

      Sling-Rappel

      Menggunakan sling/tali tubuh, carabiner, dan tali. Cara ini paling banyak dilakukan karena tidak memerlukan peralatan lain, dan dirasakan cukup aman. Jenis simpul yang digunakan adalah jenis Italian hitch.

      4. Arm Rappel / Hesti

      Arm-Rappel-Hesti

      Menggunakan tali yang dibelitkan pada kedua tangan melewati bagian belakang badan. Dipergunakan untuk tebing yang tidak terlalu curam.

      Manfaat Rappeling

      Pada dasarnya setiap kegiatan yang mengharuskan kita keluar dari zona nyaman akan memberi dampak yang besar terhadap perkembangan mental dan fisik, begitu juga dengan kegiatan rappelling. Banyak sekali manfaat dari kegiatan rappelling dan yang terpenting adalah kegiatan ini sesuai untuk segala tingkat keterampilan karena mudah dipelajari. Hanya dengan beberapa kali berlatih anda akan meluncur seperti seorang ahli.

      Peralatan Yang Di Butuhkan Rappeling

      1. Tali Kamantel

      Tali Karmantel atau keernmantle ini adalah hal mutlak dalam Rappeling sebagai alat untuk turun menggunakan tali.

      2. Harness

      Harness ini adalah alat tumpuan pada badan untuk menuruni tali, alat ini berupa alat yang diletakan pada pinggang menyerupai posisi celana sehingga dapat bergantung ditali dengan aman.

      3. Figure Of Eight

      Alat ini bentuknya seperti angka 8 terbuat dari campuran bahan baja dan alumunium kuat dan ringan. Gunanya untuk membuat jalur lintas pada tali sehingga kita dapat menuruni tali dengan lancar.

      4. Carabiner

      Carabiner ini gunanya sebagai alat pengait (anchor) multifungsi. Gunanya untuk menyambungkan antara tali Harness serta Figure Of Eight.

      5. Webbing

      Webbing ini adalah tali nilon rajutan berbentuk pipih yang punya banyak fungsi. Selain bisa sebagai bahan pembuat harness bisa juga sebagai tambatan/anchor buatan untuk pengait tali utama bila kondisi lapangan tidak memiliki area tambatan yang banyak memadai.

      6. Prusik

      Prusik adalah tali kernmantle dengan diameter dibawah 9mm. Biasanya berguna pada saat melaksanakan teknik ascending atau descending ( naik dan turun tali )

      7. Sarung Tangan

      Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari gesekan tali saat melaksanakan rappeling.

      Rappeling merukan kegiatan yang sangat memacu adrenalin karena bermain dengan ketinggian, sehingga baik untuk melatih kesehatan jantung. Bagi penggiat aktivitas outdoor, teknik Rappeling wajib dikuasai demi kenyamanan beraktivitas di alam.

      Namun, meskipun menyenangkan, tetaplah harus memperhatikan prosedur – prosedur keselamatan, karena dalam olahraga rappeling, hal terkecil pun semisal tingkat perawatan tali, turut menentukan keselamatan, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan

      Klik untuk Informasi Paket Outbound Bandung

      Outbound Bandung informasi seputar pelatihan outbound, Team Building, Capacity Building, Amazing Race, Company Gathering, Family Gathering, Akomodasi Transportasi & Catering.

      Zodra Adv
      Fatsrans Adv