Tebing Keraton Lembang Bandung

Tebing-Keraton-Lembang-Bandung

Tebing Keraton Lembang Bandung. Tebing Keraton yang sekarang ini hangat diperbincangkan warga Bandung maupun Jakarta dan sekitarnya, karena mempunyai pemandangan yang luar biasa indahnya. Tebing Keraton menyuguhkan hamparan jalur patahan Lembang dengan hutan yang lebat serta kabut yang tebal. Tebing Keraton Lembang Bandung yang sebenarnya telah ada sejak dahulu. Akan tetapi namanya belum setenar seperti saat ini. Dahulu warga sekitar menyebut dengan Karang Jontor, Karena Tebing Keraton merupakan karang yang menjorok ke depan dibanding karang yang lainnya.

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Tahura Djuanda, desa Ciburial, Kabupaten Bandung (kawasan Bandung Utara), tepatnya di kampung Ciharagem Puncak. Tempat wisata ini dimiliki Pemerintah Daerah. Asalnya Tebing ini dikenal oleh para kawanan sepeda. Mereka mengayuh dari kota Bandung sampai kesana. Tapi sejak pertengahan tahun 2014 banyak pengunjung yang memposting foto-foto dari keindahan Tebing Keraton sehingga menjadi HITS juga sangat populer di sosial media. Waktu yang baik untuk mengunjungi Tebing Keraton ialah disaat sunset dan sunrise. Kabut yang bergerak perlahan serta mulai digantikan cahaya emas dari mentari pagi. Untuk sore harinya kita juga dapat menikmati indahnya langit dan siluet jajaran perbukitan termasuk Gunung Tangkuban Perahu.

Keindahan alam di Tebing Keraton atau biasa warga setempat menyebutnya Tebing Karaton (sunda) merupakan salah satu sensasi yang luar biasa yang tidak akan dapat dilupakan. Tidak sulit untuk mengunjunginya, karena selain banyak tour operator wisata yang membuka trip kesana, kita juga dapat melakukan perjalanan sendiri. Hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Bandung lalu ke arah Utara menuju Dago Pakar dan selanjut ke Taman Hutan Raya Djuanda. Dari pintu gerbang Tahura belok ke kanan terus menuju Desa Ciburial. Dari desa tersebut sudah dekat, tinggal terus ke arah kampung Ciharegem Puncak. Jika sudah sampai disana kita harus parkir kendaraan roda 4. Dengan naik ojek atau bisa juga dengan jalan kaki sekitar 20 menit. Di Tebing Keraton kita dapat melihat view kota Lembang secara keseluruhan. Kontur Perbukitan hijau terhampar jelas ditambah hamparan pohon pinus yang tersusun rapi dan aliran sungai yang mengalir dari Curug Maribaya. Tebing Keraton yang memiliki ketinggian sekitar 1250 mdpl, maka udara yang sejuk dan cukup dingin.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Bandung, tempat wisata Tebing Keraton merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *